ADZAN (Dalam ilmu Komunikasi)

“Adzan” ditinjau dari ilmu Komunikasi

Pengertian :
Adzan pada umumnya merupakan suatu tanda atau panggilan bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah sholat fardhu 5 waktu.
Alat/Media yang digunakan :
Pada zaman dahulu, masyarakat sekitar menggunakan Bedug dan kentongan untuk menandakan telah masuknya waktu sholat 5 waktu pada daerah tersebut. Namun di era Modern saat ini, masyarakat telah menggunakan Microphone & alat pengeras suara lainnya untuk menyerukan adzan.

Waktu :
Waktu adzan ialah pada saat sholat 5 (lima) waktu telah masuk pada tiap daerah masing-masing. Yakni waktu Isya, Subuh, Luhur(dzuhur), Ashar, Magrib (I.S.L.A.M)

Tempat & Arah :
Masjid,Mushola ataupun Saung menjadi tempat untuk mengumandangkan Adzan, disisi lain adzan pada dasarnya dapat dilakukan ditempat yang dapat dijangkau dan didengar oleh masyarakat sekitar dengan posisi menghadap arah kiblat.

Masyarakat :
Adzan ditujukan untuk segenap umat / masyarakat Muslim diseluruh dunia.

Fungsi :
Fungsi utama adzan ialah untuk menandakan masuknya waktu sholat di seluruh dunia. Namun adzan juga digunakan untuk menandai sutatu kejadian, Misalnya: pada saat ada seorang bayi yang baru lahir, maka sang Ayah mengumandangkan adzan ditelinga si bayi. Contoh lain, yakni pada saat ada seseorang yang meninggal dunia, maka ada pihak keluarga atau masyarakat yang mengadzani jenazah tersebut sebelum dikuburkan.

Etika :
Ketika Muadzin mengumandangkan adzan, bagi masyarakat yang mendengarnya hendaknya berhenti sejenak dari segala macam aktifitas yang dilakukan, kemudian menjawab dengan perlahan adzan tersebut. Kemudian ketika muadzin selesai mengumandangkan adzan, hendaknya masyarakat yang mendengar membaca do’a setelah adzan.

Lain-lain :
Dalm konteks islam, adzan merupakan panggilan yang indah untuk mengerjakan perintah sholat lima waktu, namun adakalanya adzan juga dijadikan sebagai sarana Lomba bagi para anak-anak khususnya untuk lebih meningkatkan rasa ketaqwaan sang anak untuk melaksanakan sholat.

Upload by : Irwan Firmansyah / 01210099